Pentingnya Membuat Website

Modul 1.1 – Introduksi – Pentingnya Membuat Website

Mengapa Harus Membuat Website?

Pada modul kali ini kita akan memulai dengan sebuah pertanyaan, “Mengapa harus membuat website?”. Sebelum memulai modul perkenalan ini, Anda harus memahami mengapa begitu pentingnya membuat website. Jika Anda melihat judul artikel ini dan memulai membacanya, tentu Anda punya dasar, bukan? Ada banyak hal yang menjadi pemicu keinginan Anda belajar membuat website. Alasan yang paling umum adalah karena Anda ingin mengembangkan bisnis Anda, atau Anda ingin menjual jasa pembuatan website.

  1. Pentingnya Membuat Website untuk Jasa Pembuatan Website

Tidak semua orang bisa membuat website yang bekerja dengan baik. Ada yang bisa membuatnya, namun tidak dapat mengelolanya. Keterbatasan pengetahuan, waktu, maupun team bisa menjadi penyebabnya. Membuat website itu butuh proses yang tidak mudah. Namun, jika Anda sudah mahir, maka peluang bisnispun akan semakin terbuka.

Begitu banyak sekolah, UMKM, perusahaan dan instansi lainnya yang membutuhkan website. Anda dapat memulai dengan daerah di sekitar Anda. Kebutuhan mereka inilah salah satu yang dapat menjadi peluang bisnis Anda untuk menjual jasa pembuatan website. Di zaman digital ini memiliki website menjadi sebuah kebutuhan.

  1. Pentingnya Membuat Website sebagai Branding

Jika Anda memiliki bisnis online baik itu penjualan produk dengan merk Anda atau jasa, tentu saja Anda harus membangun branding yang kuat. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan untuk menetapkan pilihannya ke produk atau jasa Anda.

Dengan branding yang kuat, identitas Anda ataupun produk dan jasa Anda akan melekat di hati para pengunjung. Hal ini diharapkan untuk membantu segmen pasar Anda tetap menjadikan Anda sebagai standard kebutuhan mereka. Produk dan jasa yang ditawarkan oleh para kompetitor di segmen pasar Anda sudah beragam. Pastinya, kita membutuhkan strategi yang baik untuk bersaing dengan mereka.

  • Perang Harga versus Branding

Perang harga produk maupun jasa merupakan momok yang sangat ingin dihindari oleh para pelaku bisnis yang ingin berkembang, bukan? Perang harga ini bukanlah opsi yang solutif, karena akan merugikan semua pihak. Penjual akan selalu fokus untuk menekan biaya produksi yang pastinya akan mengurangi kualitasnya. Pembeli juga akan terdampak dengan kekecewaan penurunan kualitas suatu produk, dan akhirnya pasti ingin mencari yang lebih bagus.

Branding yang kuat inilah yang dapat menyelamatkan Anda dari peperangan yang tidak sehat itu. Sudah pasti tidak akan semua orang akan menyukai produk Anda, dan itu adalah hal yang wajar. Namun di sinilah peluang kita untuk menaikkan keunggulan produk maupun jasa kita.

Pada akhirnya, pelanggan kita juga akan tersegmentasi. Kita harus tetap bersikeras terhadap kualitas layanan dan produk kita. Dengan begitu, pelanggan yang membutuhkan kita adalah pelanggan yang tidak terlalu perduli harga murah. Salah satu nilai paling positifnya adalah, perilaku pelanggan seperti ini akan menjadi pelanggan “garis keras” kita. Karena kita sudah membuat “standard produk atau jasa terbaik” di dalam benak mereka. Dengan begitu, profit yang kita dapatkanpun dapat semakin tinggi.

  • Bahaya Mindset Perang Harga

Sebaliknya, mereka yang sibuk perang harga akan sibuk juga “mengelabui” pelanggan dengan trik-triknya. Mulai dari banyaknya excuse untuk menutupi kekurangan mereka, ketidakstabilan kualitas produk, dan lain sebagainya. Memang mereka akan mendapatkan pasar yang lebih besar. Namun mereka akan mendapatkan pembeli yang hanya memikirkan kemurahan harga produk.

Saat muncul kompetitor yang lebih besar, tentunya para penjual ini satu-per-satu akan berjatuhan. Semakin besar modal yang dikeluarkan untuk kuantitas, semakin banyak trik yang harus dilakukan untuk “mengelabui” pelanggan mereka. Hal yang paling jujur mereka lakukan adalah memperbesar modal mereka menjadi berkali lipat untuk mendapatkan harga grosir dari supplier/pabrik.

  1. Pentingnya Membuat Website untuk Investasi

Apa hubungannya antara mahir membuat website dengan investasi? Tentu saja berhubungan. Dinamika teknologi yang selalu berkembang dari hari ke hari membuat website itu menjadi sebuah keharusan. Hal ini sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan bisnis Anda ke depannya.

Saat website Anda sudah memiliki banyak pengunjung, maka value-nya akan naik. Dengan memiliki value yang tinggi, sebuah website dapat bernilai fantastis, jika sewaktu-waktu Anda ingin menjualnya saat kepepet uang.

Jika Anda sudah mahir membuat dan mengelola website, maka Anda akan dapat melakukan “ternak” website dan menjadikannya aset untuk masa depan. Optimasi SEOpun akan terasa sangat mudah untuk setiap website yang Anda jalankan jika Anda sudah menguasai konsep-konsep dasar dan terupdate secara berkala.

Akhir kata, untuk menutup Modul 1 – Introduksi ini, saya ucapkan banyak terima kasih telah membaca artikel ini. Mudah-mudahan keinginan Anda semakin kuat dan semakin semangat untuk memulai. Sampai jumpa di artikel berikutnya, ya! Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga